Blog Bisnis

Teknologi Informasi dan Perkembangan Bisnis

Teknologi Informasi dan Perkembangan Bisnis
Beberapa dekade terakhir ini teknologi informasi (TI) mengemban peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Hampir seluruh kegiatan sehari-hari

Beberapa putaran terakhir ini teknologi informasi (TI) mengemban peran yang sangat penting bagi manusia dan meningkatkan perkembangan yang sangat luar biasa. Hampir seluruh kegiatan sehari-hari kami dukung oleh TI ini, tidak terkecuali dalam menjalankan bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik bidang ekonomi maupun perbankan. Perusahaan berskala besar serta kecil semuanya menggunakan teknologi informasi sebagai pendukung kegiatan yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan layanan bisnis yang dikelola. Salah satu peran teknologi informasi bagi perusahaan yang paling nyata adalah semua pekerjaan akan lebih cepat dan akurat. Penerapan teknologi informasi yang efektif akan mengurangi biaya yang tidak diharapkan dan dapat ditingkatkan. Hal ini akan terlihat dalam alur bisnis yang menjadi lebih terorganisir dan tersentralisasi. Kebutuhan pebisnis akan efisiensi waktu dan biaya yang diperlukan perlu teknologi informasi dalam lingkungan kerja.

Perkembangan TI dan kebutuhan tersebut menghadirkan berbagai aplikasi dan layanan e-bisnis, e-commerce, e-banking dan lainnya. E-commerce adalah transaksi perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce sendiri merupakan bagian dari e-bisnis. Selain teknologi jaringan, e-commerce juga menggunakan basis data teknologi (basis data), surat elektronik (e-mail), dan teknologi bentuk komputer selain yang terkait dengan sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce tersebut. Dengan hadirnya TI juga memudahkan cara komunikasi dalam perusahaan dan juga pengetahuan pengetahuan juga lajurnya.

Selain keuntungan dalam perusahaan, TI juga membantu perusahaan memperbaiki, mengatur dan mengelola hubungan dengan pelanggan. Salah satu contohnya perkembangan TI mendukung keberadaan Customer Relationship Management (CRM). Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat meningkatkan produktivitas terhadap Produktivitas. Dengan kehadiran TI juga menjalankan bisnis selama 24 jam. Dalam persaingan bisnis yang sangat sengit, perusahaan dapat merespons terhadap perubahan pasar dengan mengutamakan konsumen sehingga akan menciptakan proses bisnis dengan kinerja yang optimal.